Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol 5, No 3 (2017): JPGSD Vol 5, No 3 (2017)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIIF TIPE TWO STAY TWO STRAY TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PETUNJUK SISWA SD

KARTIKA DEWI, YUNI (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Jun 2017

Abstract

Abstrak: Two Stay Two Stray adalah salah satu tipe dari model pembelajaran kooperatif yang dapat digunakan dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Dalam mata pelajaran bahasa Indonesia diajarkan keterampilan menuliskan petunjuk. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh penerapan model pebelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray terhadap keterampilan menulis petunjuk siswa kelas III SDN di Kecamatan Karang Pilang. Sampel dari penelitian yaitu kelas eksperimen (kelas IIIA SDN Kebaraon II Surabaya) dan kelas kontrol (kelas IIIA SDN Kebraon I Surabaya). Hasil uji-t sebesar -6,6. Dibandingan dengan ttabel taraf signifikansi 5% (2,0014) maka –thitung < -ttabel (- 6,6 < - 2,0014) . Disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray terhadap keterampilan menulis petunjuk siswa kelas III SDN di Kecamatan Karang Pilang. Kata Kunci: Model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray, keterampilan menulis petunjuk.

Copyrights © 2017