Abstrak Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar IPS siswa kelas V SDN I Sumberwaru Gresik. Hal ini disebabkan guru selalu mendominasi kegiatan pembelajaran (Teacher center) dan guru masih belum menggunakan media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan media Time Line pada mata pelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN I Sumberwaru Gresik pada materi perjuangan mempertahankan kemerdekaan. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN I Sumberwaru Gresik tahun ajaran 2016/2017 yang terdiri dari 21 siswa dengan 17 siswa laki-laki dan 4 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari 3 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan dan observasi, refleksi. Tekik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa, dan lembar tes hasil belajar. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data hasil observasi dan analisis data hasil tes siswa. Hasil penelitian menunjukkan perolehan aktivitas guru pada siklus I sebesar 78,75%, siklus II 82,75% dan siklus III 87,5%. Aktivitas guru dari siklus I, II dan III mengalami peningkatan. Hasil aktivitas siswa dari siklus I, II dan III juga mengalami peningkatan, perolehan aktivitas siswa pada siklus I sebesar 68,75%, siklus II 81,25% dan siklus III 91,66%. Sementara perolehan hasil belajar siswa sebelum pelaksanaan PTK menunjukan hasil belajar yang diperoleh siswa sebesar 38,09% dan setelah pelaksanaan PTK diperoleh hasil belajar siswa pada siklus I meningkat menjadi 61,90%, siklus II 82,75% dan pada siklus III 90,47% Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media Time line pada mata pelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN I Sumberwaru Gresik. Kata Kunci : Media Time Line, IPS , Hasil Belajar
Copyrights © 2017