Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol 6, No 13 (2018)

PENGARUH PENERAPAN STRATEGI EVERYONE IS A TEACHER HERE TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN KWEDENKEMBAR MOJOKERTO

SALIMAH, ROHMATUS (Unknown)
, MULYANI (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Nov 2018

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan strategi Everyone is A Teacher Here terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Kwedenkembar Mojokerto. Jenis penelitian ini yaitu penelitian eksperimen dengan menggunakan desain nonequivalent control grup. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN Kwedenkembar Mojokerto dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan tes (pretest dan postest) dan teknik analisis data yang digunakan yaitu uji t. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa adanya perbedaan hasil belajar siswa antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Kenaikan hasil belajar pada kelas eksperimen berada pada kategori tinggi (0,73) dan pada kelas kontrol berada pada kategori sedang (0,54). Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dari penerapan strategi Everyone is A Teacher Here terhadap hasil belajar IPS. Kata Kunci: Strategi Everyone is A Teacher Here, Hasil Belajar Siswa dan IPS. Abstract This study aims to determine The effect of the implementation ?Everyone is A Teacher Here? strategy towards the learning outcomes of social study students in the fourth grade of SDN Kwedenkembar Mojokerto. This type of research is a experimental research using nonequivalent control group design. The population and sample of this study were all the fourth grade students of SDN Kwedenkembar Mojokerto by using total sampling technique. The data collection technique was tests (Pre-test and post-test), and the data analysis technique was t-test. The result of this study Indicated that there are differences in student learning outcomes between the experimental class and the control class. The increase of the learning outcomes in the experimental class is at a high grade (0,73), and in the control class is in the medium category (0,54). Based on these result, it can be concluded that there is a positive influence from the implementation of Everyone is A Teacher Here strategy on the social studies learning outcomes. Keywords: Strategy Everyone is A Teacher Here, Student Learning Outcomes and Sosial Studies.

Copyrights © 2018