Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol 7, No 3 (2019)

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PAPAN PENJUMLAHAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PENJUMLAHAN PADA SISWA KELAS 1 SEKOLAH DASAR

MAULIDATUL ZAHARA, HANIK (Unknown)
, BUDIYONO (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Jun 2019

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media papan penjumlahan terhadap hasil belajar matematika aspek kognitif dan psikomotor siswa kelas I Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan populasi siswa kelas I SDN Cerme Lor. Data dikumpulkan dengan menggunakan instrumen Tes dan Non-tes. Analisis data tes menggunakan uji T-test. Sedangkan untuk analisis data non tes menggunakan skor presentase. Hasil penelitian diperoleh nilai sig (2-tailed) 0.027 < 0.05 (alpha) dan nilai (-thitung) -2.271 > (-ttabel) -2.005. Sedangkan pada kelas kontrol diperoleh presentase sebesar 76,8 % dan presentase pada kelas eksperimen adalah 88,4%, sehingga dapat dikatakan media papan penjumlahan berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada aspek kognitif dan psikomotor. Kata Kunci: Papan penjumlahan, Hasil belajar, kognitif, psikomotor

Copyrights © 2019