Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol 7, No 3 (2019)

PENGARUH TEKNIK STORY READING DALAM GERAKAN LITERASI SEKOLAH TERHADAP MINAT BACA SISWA

WAHYUNI, SRI (Unknown)
SUKARTININGSIH, WAHYU (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Jun 2019

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan teknik story reading sebagai variasi kegiatan dalam gerakan literasi sekolah terhadap minat baca siswa kelas 1 SD di Lamongan. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen, yaitu quasi experimental design. Sampel penelitian adalah siswa kelas 1 SDN Kepatihan Lamongan dan SDN Sidoharjo 1 Lamongan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, angket, dan dokumentasi. Uji hipotesis menggunakan SPSS 25 dengan rumus uji T dua sampel independen dan diperoleh hasil nilai Sig. (2-tailed) 0,003, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa penerapan teknik story reading dalam gerakan literasi sekolah berpengaruh terhadap minat baca siswa kelas 1 SD di Lamongan. Kata Kunci: story reading, minat baca

Copyrights © 2019