Inspirasi Manajemen Pendidikan
Vol 7, No 1 (2019)

PENGARUH KENYAMANAN BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA DI PERPUSTAKAAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

TSANI FIRDAUSI, FITROH (Unknown)
, SOEDJARWO (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 May 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kenyamanan belajar terhadap motivasi belajar mahasiswa di Perpustakaan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif dengan rancangan ex post facto. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 2.214 mahasiswa yang kemudian diambil sampel berdasarkan Tabel Krejcie dan Morgan sebanyak 327 mahasiswa.. Teknik pengumpulan data berupa kuisioner/angket dengan menggunakan skala likert, observasi, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana dan Uji T. Hasil dari penelitian ini yaitu kenyamanan belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap kenyamanan belajar sebesar 0,073 atau 7,3% dengan persamaan regresi yang diperoleh yaitu Y = 28,470 + 0,118X. Dikatakan bahwa variabel X berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel Y yaitu berdasarkan pengujian hipotesis yang dilakukan dengan menggunakan Uji T diperoleh Thitung > Ttabel (5,047 > 1,967) dan nilai signifikansi yang diperoleh yaitu 0,00 < 0,05. Kata Kunci : kenyamanan belajar, motivasi belajar

Copyrights © 2019