Jurnal Mahasiswa Bimbingan Konseling
Vol 8, No 2 (2018): Volume 8 Nomer 2 Tahun 2018

PENERAPAN TEKNIK SOSIODRAMA DALAM BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGATASI KONFLIK INTERPERSONAL KELAS X DI SMK DHARMA WANITA GRESIK

Nur Aziza, Melsa (Unknown)
NURSALIM, MOCHAMAD (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jan 1970

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan mengatasi konflik interpersonal pada siswa melalui teknik sosiodrama dalam layanan bimbingan kelompok di Siswa Kelas X RPL di SMK Dharma Wanita. Dimana jenis penelitian ini adalah penelitian pre-experimental design ini memakai one group pretest-posttest design. Adapun subyek penelitian yaitu siswa kelas X di SMK Dharma Wanita Gersik, berjumlah 8 siswa yang yang memiliki kemampuan mengatasi konflik interpersonal yang rendah. Pelaksanaan penelitian dilakukan Pelaksanaan penelitian dilakukan sebanyak 5 kali, dengan memberikan 3 kali perlakuan berupa pertemuan kegiatan sosiodrama, 1 kali pelaksanaan pre-test, dan 1 kali pelaksanaan post-test (dilakukan pada waktu yang sama saat akhir kegiatan). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah instrumen berupa angket kemampuan mengatasi konflik interpersonal. Sedangkan teknik analisis data dengan menggunakan statistic non-parametric. Adapun hasil penelitian ini yaitu dengan menunjukkan uji tanda terdapat perbedaan skor yang cukup signifikan, berdasarkan data yang diketahui subjek berjumlah 8 siswa. Dengan melihat tabel tes dengan ketentuan N=8 dan%2=0, maka diperoleh ? (kemungkinan harga dibawah Ho) = 0.0039. Bila dalam ketetapan ? (taraf kesalahan) 5 % adalah 0.05, dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat perbedaan antara skor pre-tes dan post-test setelah diberikan perlakuan berupa penerapan bimbingan kelompok teknik sosiodrama. Kata kunci :Teknik Sosiodrama, Bimbingan Kelompok, Kemampuan Mengatasi Konflik Interpersonal

Copyrights © 2018