Jurnal Mahasiswa Bimbingan Konseling
Vol 8, No 2 (2018): Volume 8 Nomer 2 Tahun 2018

PENERAPAN TEKNIK DISKUSI DALAM BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DI SMPN 1 KUNJANG KAB. KEDIRI

PERMATASARI ANDANI, INTAN (Unknown)
NURSALIM, MOCHAMAD (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jan 1970

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan kemandirian belajar melalui teknik diskusi kelompok pada siswa kelas VIII di SMPN 1 Kunjang Kab. Kediri. Dimana jenis penelitian ini adalah penelitian pre-experimental design ini memakai one group pretest-posttest design. Adapun subyek penelitian yaitu siswa kelas VIII di SMPN 1 Kunjang Kab. Kediri berjumlah 8 siswa dengan usia rata-rata 13-15 tahun. Metode pengumpulan data Pelaksanaan penelitian dilakukan sebanyak empat kali pertemuan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah instrumen berupa angket kemandirian belajar. Sedangkan teknik analisis data dengan menggunakan statistic non-parametric. Adapun hasil penelitian ini yaitu dengan menunjukkan uji tanda terdapat perbedaan skor yang cukup signifikan, berdasarkan data yang diketahui subjek berjumlah 8 siswa. Dengan melihat tabel tes dengan ketentuan N=8 dan%2=0, maka diperoleh ? (kemungkinan harga dibawah Ho) = 0.0039. Bila dalam ketetapan ? (taraf kesalahan) 5 % adalah 0.05, dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat perbedaan antara skor pre-tes dan post-test setelah diberikan perlakuan berupa penerapan teknik diskusi kelompok dalam layanan bimbingan kelompok Kata kunci :Teknik Diskusi, Bimbingan Kelompok, Kemampuan Kemandirian Belajar

Copyrights © 2018