Jurnal Mahasiswa Bimbingan Konseling
Vol 10, No 1 (2019)

BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN PERILAKU BULLYING SISWA KELAS VIII SMPN 2 GEDANGAN

FATMALA, INTAN (Unknown)
NURSALIM, MOCHAMAD (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Jun 2019

Abstract

Perilaku bullying yang dilakukan siswa diakibatkan rendahnya pemahaman mereka tentang bullying serta dampak yang ditimbulkan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman perilaku bullying pada siswa. Penelitian ini merupakan jenis pre-eksperimental design dengan model pre-test dan post-test one group design. Subjek dalam penelitian ini adalah 6 siswa kelas VIII SMP yang mempunyai pemahaman perilaku bullying rendah. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket pemahaman perilaku bullying. Metode analisis data menggunakan uji statistik Wilcoxon. Hasil dari pengujian hipotesis menunjukkan perbedaan hasil sebelumdan sesudah perlakuan dimana Asymp. Sig lebih kecil dari 0,05 (0,028 < 0,05) sehingga Ho ditolak. Hasil dari penelitian ini adalah bimbingan kelompok teknik diskusi dapat meningkatkan pemahaman tentang perilaku bullying pada siswa kelas 8 SMP. Kata Kunci : Bimbingan Kelompok, Teknik Diskusi, Pemahaman Perilaku Bullying

Copyrights © 2019