Jurnal Pendidikan Humaniora
Vol 3, No 1: Maret 2015

Correlation Between Lexical Richness and Overall Quality of Argumentative Essays Written by English Department Students

Rizky Lutviana (Pendidikan Bahasa Inggris-Universitas Negeri Malang)
A. Effendi Kadarisman (Pendidikan Bahasa Inggris-Universitas Negeri Malang)
Ekaning Dewanti Laksmi (Pendidikan Bahasa Inggris-Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
29 Mar 2015

Abstract

Abstract: This study aims at revealing the contribution of diction to the overall quality of argumenta-tive essays written by 42 EFL students. The researcher compared two sets of scores, the score of students’ lexical richness, measured with LFP (Lexical Frequency Profile), and the score of overall quality of EFL students’ argumentative essay, using analytical scoring rubric. The small and not significant correlation (ñ=.18, sig=.23) implied that diction had small contribution to the overall quality of the essay. There might be another factor related to the diction that supports the quality of written text. Thus, further research is needed to be conducted. Key Words: diction, lexical richness, overall quality, argumentative essayAbstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menemukan kontribusi diksi untuk kualitas keseluruhan dari esai argumentatif yang ditulis oleh 42 siswa EFL. Peneliti membandingkan dua set nilai, skor siswa kekayaan leksikal, diukur dengan LFP (Lexical Frequency Profile), dan skor keseluruhan kualitas siswa EFL pada esai argumentatif, dengan menggunakan rubrik skoring analitis. Korelasi kecil dan tidak signifikan (ñ = 0,18, sig = 0,23) menunjukkan bahwa diksi memiliki kontribusi kecil untuk kualitas keseluruhan dari esai. Kemungkinan, ada faktor lain yang berhubungan dengan diksi yang mendukung kualitas dari teks. Dengan demikian, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk dilakukan. Kata kunci: diksi, kekayaan leksikal, kualitas secara keseluruhan, esai argumentatif

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

JPH

Publisher

Subject

Arts Humanities Education

Description

Jurnal Pendidikan Humaniora (JPH) terbit 4 (empat) kali setahun pada bulan Maret, Juni, September, dan Desember, berisi artikel-artikel tentang pendidikan humaniora baik ditulis dalam bahasa Indonesia maupun asing. Artikel yang dimuat berupa hasil penelitian dan hasil pemikiran. Jurnal Pendidikan ...