Jurnal Pendidikan Sains
Vol 5, No 4: December 2017

Improving Reading Speed and Biology Conceptual Understanding using Speed Reading Method on Students of X-MIA SMA

Edi Sulistiyono (SMA Bina Bangsa Surabaya)
Susriyati Mahanal (Biology Education-Universitas Negeri Malang)
Murni Saptasari (Biology Education-Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
19 Jan 2018

Abstract

Abstract: Speed reading method helps students to learn effectively, efficiently, and independently in understanding a reading. This study aims to improve the reading speed and understanding of students’ biology concepts by applying speed reading method. This research was conducted in SMA Bina Bangsa Surabaya in Odd Semester of Academic Year 2015-2016. This research is qualitative research which was done by employing reading speed test and comprehension test of biology concept. The subject of this research was 41 students of X-MIA class in SMA Bina Bangsa Surabaya. The data were analyzed by employing descriptive qualitative. The results showed an increase in average reading speed of 481 wpm, with an average understanding of the concept of 73%.Key Words: speed reading, biology conceptual understanding, reading speedAbstrak: Metode speed reading membantu siswa untuk belajar secara efektif, efisien, dan mandiri dalam memahami suatu bacaan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kecepatan membaca dan pemahaman konsep biologi siswa dengan menerapkan metode speed reading. Penelitian dilakukan di SMA Bina Bangsa Surabaya pada semester ganjil tahun pelajaran 2015-2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang dilakukan dengan uji kecepatan membaca dan uji pemahaman konsep biologi. Subjek penelitian ini adalah 41 siswa kelas X-MIA SMA Bina Bangsa Surabaya. Data tersebut dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan rata-rata kecepatan membaca 481 kpm, dengan rata-rata pemahaman konsep 73%.Kata kunci: speed reading, pemahaman konsep biologi, kecepatan membaca

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jps

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan Sains (JPS) terbit 4 (empat) kali setahun pada bulan Maret, Juni, September, dan Desember, berisi artikel-artikel tentang pendidikan sains baik ditulis dalam bahasa Indonesia maupun asing. Artikel yang dimuat berupa hasil penelitian dan hasil pemikiran. Jurnal Pendidikan Sains ...