Jurnal Pendidikan Sains
Vol 4, No 3: September 2016

Pengembangan Modul Pembelajaran dengan Pendekatan Inkuiri Terbimbing pada Materi Koloid di SMA

Lita Novilia (Pendidikan Kimia-Universitas Negeri Malang)
Srini M. Iskandar (Pendidikan Kimia-Universitas Negeri Malang)
Fauziatul Fajaroh (Pendidikan Kimia-Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
02 Mar 2017

Abstract

Abstract: Colloid topic characteristic is contextual, but its application in the learning, the colloid topic is usually memorized, so it can cause several misconceptions. The aim of this research and development was to find out the feasibility of Learning Module based on guided inquiry approach for high school students. The development design of module was used Pedoman Penulisan Modul from Direktorat Tenaga Kependidikan Departemen Pendidikan Nasional (2008). The feasibility of the module was determined through content, display, language, graph criterias, and  students’ responses. The research result showed that the learning module was feasible to be used.Key Words: module development,  colloid topic, guided inquiry, module feasibility Abstrak: Materi koloid bersifat kontekstual, tetapi dalam pelaksanaannya materi koloid cenderung dihafal sehingga dapat menimbulkan beberapa miskonsepsi. Penelitian ini bertujuan untuk menguji kelayakan modul yang dikembangkan dengan pendekatan inkuiri terbimbing di SMA. Desain pengembangan mengacu pada Pedoman Penulisan Modul oleh Direktorat Tenaga Kependidikan Departemen Pendidikan Nasional (2008). Kelayakan modul ditinjau dari kriteria isi, penyajian, kebahasaan, dan kegrafikaan, serta respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul pembelajaran yang telah dikembangkan layak digunakan.Kata kunci: pengembangan modul, materi koloid, inkuiri terbimbing, kelayakan modul

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jps

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan Sains (JPS) terbit 4 (empat) kali setahun pada bulan Maret, Juni, September, dan Desember, berisi artikel-artikel tentang pendidikan sains baik ditulis dalam bahasa Indonesia maupun asing. Artikel yang dimuat berupa hasil penelitian dan hasil pemikiran. Jurnal Pendidikan Sains ...