Jurnal Pendidikan Sains
Vol 3, No 3: September 2015

Pengembangan Perangkat Pembelajaran Ekosistem Dan Pencemaran Lingkungan Berbasis Inkuiri Serta Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis, Pemahaman Konsep, Dan Sikap Siswa Kelas X SMA

Dody Kurniawan (Pendidikan Biologi–Universitas Negeri Malang)
Mimien Henie Irawati (Pendidikan Biologi–Universitas Negeri Malang)
Fathur Rohman (Pendidikan Biologi–Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
18 Sep 2015

Abstract

Abstract: The objectives of this research are to design a valid inquiry-based learning material about ecosystem and environmental pollution for grade X of Senior High School 3 Malang and to discover its effect towards critical thinking ability, conceptual comprehension, and attitude of grade X of Senior High School 3 Malang students. This research was conducted in two phases. The first phase is making the learning material including syllable, course outline, handout, student worksheet, and scoring instrument. The second phase is a quasi-experiment. Two sample groups are given different treatment to see the effect for critical thinking skills, conceptual comprehension, and student attitude. The results of the study showed that the learning material based on inquiry learning is valid and could be used for grade X students of Senior High School 3 Malang and there is a significant effect of the learning material towards the students critical thinking ability, conceptual comprehension, and attitude. Key Words: developing learning material, ecosystem and enviromental pollution, inquiry, critical thinking ability, conceptual comprehensension, attitudeAbstrak: Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan perangkat pembelajaran berbasis inkuiri pada materi ekosistem dan pencemaran lingkungan untuk siswa kelas X SMAN 3 Malang dan mengetahui pengaruhnya terhadap kemampuan berpikir kritis, pemahaman konsep, dan sikap siswa kelas X SMAN 3 Malang. Penelitian ini dilakukan dalam dua tahap. Tahap pertama adalah perancangan perangkat pembelajaran seperti silabus, RPP, handout, LKS, dan instrumen penilaian. Tahap kedua adalah eksperimen quasi. Pada tahap ini, dua sampel kelompok diberikan perlakuan yang berbeda untuk melihat pengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis, pemahaman konsep, dan sikap siswa. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa perangkat pembelajaran berbasis inkuiri valid dan dapat digunakan pada siswa kelas X SMAN 3 Malang dan terdapat pengaruh signifikan perangkat pembelajaran terhadap kemampuan berpikir kritis, pemahaman konsep, dan sikap siswa. Kata kunci: pengembangan perangkat pembelajaran, ekosistem dan pencemaran lingkungan, inkuiri, kemampuan berpikir kritis, pemahaman konsep, sikap

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

jps

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan Sains (JPS) terbit 4 (empat) kali setahun pada bulan Maret, Juni, September, dan Desember, berisi artikel-artikel tentang pendidikan sains baik ditulis dalam bahasa Indonesia maupun asing. Artikel yang dimuat berupa hasil penelitian dan hasil pemikiran. Jurnal Pendidikan Sains ...