Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan perangkat pembelajaran Integrated Science Nested Model yang layak untuk pembelajaran IPA materi “Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungan†peserta didik kelas VII SMP; dan (2) mengetahui keefektifan perangkat pembelajaran Integrated Science Nested Model yang dikembangkan dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas VII SMP. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah reserach and development (R D) yang mengadaptasi model penelitian pengembangan Borg Gall. Subyek ujicoba produk terdiri dari 102 peserta didik kelas VII SMPN 15 Yogyakarta. Pengumpulan data menggunakan soal tes, lembar observasi dan angket. Data kelayakan perangkat pembelajaran dianalisis dengan menggunakan konversi skor skala 4. Keefektifan perangkat pembelajaran dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik dianalisis dengan menggunakan uji MANOVA T2  Hotelling. Hasil penelitian berupa seperangkat pembelajaran Integrated Science Nested Model terdiri dari Silabus, RPP, LKPD dan penilaian yang layak digunakan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis melalui pembelajaran IPA materi Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungan pada peserta didik kelas VII SMP. Perangkat pembelajaran yang digunakan efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan peserta didik kelas VII SMP.
Copyrights © 2017