Jurnal Pengajaran MIPA
Vol 22, No 1 (2017): Jurnal Pengajaran MIPA - April 2017

Pengembangan Perangkat Pembelajaran Integrated Science Netsed Model untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik SMP

Gola, Apolonia Gerinus (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Oct 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan perangkat pembelajaran Integrated Science Nested Model yang layak untuk pembelajaran IPA materi “Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungan” peserta didik kelas VII SMP; dan (2) mengetahui keefektifan perangkat pembelajaran  Integrated Science Nested Model yang dikembangkan dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas VII SMP. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah reserach and development (R D) yang mengadaptasi model penelitian pengembangan Borg Gall. Subyek ujicoba produk terdiri dari 102 peserta didik kelas VII SMPN 15 Yogyakarta. Pengumpulan data menggunakan soal tes, lembar observasi dan angket. Data kelayakan perangkat pembelajaran dianalisis dengan menggunakan konversi skor skala 4. Keefektifan perangkat pembelajaran dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik dianalisis dengan menggunakan uji MANOVA T2  Hotelling. Hasil penelitian berupa seperangkat pembelajaran Integrated Science Nested Model terdiri dari Silabus, RPP, LKPD dan penilaian yang layak digunakan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis melalui  pembelajaran IPA materi Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungan pada peserta didik kelas VII SMP. Perangkat pembelajaran yang digunakan efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan  peserta didik kelas VII SMP.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

JPMIPA

Publisher

Subject

Description

Journal of Mathematics and Science Teaching or Jurnal Pengajaran Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (JPMIPA) was founded in 1993 and published qualitative and or quantitative research concerning mathematics and science teaching. JPMIPA is published by Faculty of Mathematics and Science Education ...