Pedagonal : Jurnal Ilmiah Pendidikan
Vol 3, No 1 (2019): Pedagonal : Jurnal Ilmiah Pendidikan

PENGARUH DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL

Yuli Mulyawati (Unknown)
Sumardi Sumardi (Unknown)
Sri Elvira (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Feb 2019

Abstract

ABSTRAKTujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh disiplin belajar terhadap hasil belajar ilmu pengetahuan sosial. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Serogol 03 Kecamatan Cigombong Kabupaten Bogor Tahun Pelajaran 2017/1018 dengan populasi berjumlah 93 siswa. Sampel yang diambil sebanyak 48 siswa, yang diperoleh dengan menggunakan rumus Taro Yamane dengan presisi sebesar 10%. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan kuesioner skala likert untuk variabel disiplin belajar dan tes objektif untuk variabel hasil belajar ilmu pengetahuan sosial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara disiplin belajar terhadap hasil belajarilmu pengetahuan sosial, ditunjukkan dengan analisis statistik yang menghasilkan harga koefisien regresi (xy) sebesar 1,32 dan diperoleh thitung sebesar 13,23. Ini menunjukan adanya pengaruh disiplin belajar terhadap hasil belajar ilm pengetahuan sosial, sedangkan koefisien determinasi (r2) sebesar 0,82 atau sebesar 82%. Hal ini berarti nilai hasil belajar ilmu pengetahuan sosial siswa sebesar 82% ditentukan oleh disiplin belajar, melalui persamaan regresi ? = -120,01 +2,18X. Sisanya sebanyak 18% ditentukan oleh faktor lain. Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif antara disiplin belajar terhadap hasil belajar ilmu pengetahuan sosial.Kata Kunci : Disiplin Belajar, Hasil Belajar, Ilmu Pengetahuan Sosial

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

pedagonal

Publisher

Subject

Education

Description

Pedagonal : Jurnal Ilmiah Pendidikan is a journal aims to be a leading peer-reviewed platform and an authoritative source of information. We publish original research papers, review articles and case studies focused on education, teaching, and learning as well as related topics that has neither been ...