Jurnal Kreatif Tadulako Online
Vol 8, No 1 (2020): Jurnal Kreatif Online

Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah disertai Teknik Schaffolding terhadap Pemahaman Konsep Fisika pada Siswa Kelas X SMAN 1 Palu

Ratnasari, Ratnasari (Unknown)
Darmadi, I Wayan (Unknown)
Ali, Muhammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran Berbasis masalah disertai teknik schaffolding terhadap  pemahaman konsep fisika pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Palu. Jenis penelitian ini adalah eksperimen kuasi yang menggunakan desain penelitian the non equivalent pretest-postest design. Sampel dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling dan menghasilkan  kelas X IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPA 3 sebagai kelas kontrol, dengan sampel pada masing-masing kelas berjumlah 20 siswa. Instrumen yang digunakan  berupa tes pemahaman konsep berbentuk essai berjumlah 8 soal telah divalidasi melalui validitas ahli. Berdasarkan tes pemahaman konsep yang diperoleh menunjukkan bahwa nilai posttest lebih tinggi daripada nilai pretest. Adapun nilai maksimum posttest yaitu 85 dan nilai Minimum postest yaitu 56. Hasil perhitungan dari uji hipotesis (uji-t) diperoleh thitung sebesar 6,86 dan ttabel pada taraf nyata α = 0,05  dan dk = 38 yaitu 1,54. Hal ini berarti bahwa nilai thitung berada diluar daerah penerimaan H0. Dengan demikian, terdapat pengaruh model pembelajaran berbasis  masalah disertai teknik schaffolding terhadap pemahaman konsep fisika pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Palu.

Copyrights © 2020