Widya Komunika: Jurnal Komunikasi Pendidikan
Vol 9 No 2 (2019): Jurnal Komunikasi dan Pendidikan - WIDYA KOMUNIKA

Kendala dalam pelayanan lembaga kepada publik akademik di SLB Negeri A Kota Bandung

Amida Windari Fitria (Universitas Padjadjaran)
Hanny Hafiar (Universitas Padjadjaran)
Centurion C Priyatna (Universitas Padjadjaran)



Article Info

Publish Date
25 Dec 2019

Abstract

Sekolah Luar Biasa Negeri A (SLBN A) Kota Bandung, merupakan salah satu lembaga pendidikankhusus bagi siswa dengan hambatan penglihatan. Terdapat banyak publik akademis yangmelakukan berbagai aktivitas di lembaga ini, meliputi: penelitian, pengabdian maupun programPPL, PKL, dan PPG. Tingginya kualitas kegiatan yang dilakukan oleh publik akademismenimbulkan kendala tersendiri yang dihadapi pihak sekolah. Oleh karena itu penelitian iniberupaya untuk memetakan kendala yang dihadapi dalam pelayanan publik akademik oleh SLBNA Kota Bandung. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif denganjenis metode studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasidan studi literatur. Adapun key informan dipilih dengan menggunakan teknik purposif. Hasilnyamenunjukkan bahwa kendala yang dihadapi pada komunikasi dalam pelayanan publik akademikterdiri dari: kendala pengaturan waktu; Pengadaan dan pensosialisasian materi;Pengkoordinasian; Pengkondisian Situasi. Oleh karena itu diharapkan lembaga dapat mulaimembuat panduan pelayanan teknis berupa pedoman pengenalan ketunanetraan yang dapatdipelajari publik akademis sebelum memulai aktivitasnya di lingkungan lembaga. Selain itu perlupula dirumuskan tentang tata tertib aktivitas di lingkungan SLBN A Kota Bandung, sebagaipanduan yang dapat dijadikan patokan oleh publik akademis dalam melakukan aktivitasnya agartidak menimbulkan masalah baru.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

wk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science Public Health Social Sciences

Description

Jurnal Widya Komunika membahas dan mengkaji tema-tema komunikasi dan pendidikan yang bersumber dari hasil penelitian maupun sumbang saran pemikiran atau pengkajian ilmiah dari semua akademisi, praktisi dan pemerhati masalah komunikasi dan dunia pendidikan. Fokus dan Bidang Kajian artikel-artikel ...