Prosiding Universitas PGRI Palembang
PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 16

PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS MAHASISWA MELALUI PROBLEM BASED LEARNING (PBL)

Dina Octaria (Unknown)
Eka Fitri Puspa Sari (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Feb 2018

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengkaji peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis (KPMM) mahasiswa setelah mendapat model pembelajaran problem based learning (PBL) dan pembelajaran konvensional ditinjau. Penelitian ini menggunakan metode kuasi-eksperimen dengan desain kelompok kontrol pretes dan postes nonekuivalen. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa semester IV Tahun ajaran 2016/2017 pada program studi pendidikan matematika di Universitas PGRI Palembang yang berjumlah 62 orang. Berdasarkan pembelajaran, subyek penelitian dibedakan atas dua kelas yaitu kelas eksperimen yang mendapatkan pembelajaran PBL dan kelas kontrol yang mendapatkan pembelajaran konvensional (PK). Instrumen dalam penelitian ini menggunakan tes KPMM. Data dalam penelitian ini dianalisis menggunakan uji-t. Dari hasil analisis data diperoleh bahwa peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis mahasiswa yang mendapat pembelajaran PBL lebih baik daripada mahasiswa yang mendapat pembelajaran konvensional ditinjau dari keseluruhan maupun KAM (tinggi, sedang, rendah).Keywords- problem based learning (PBL), kemampuan pemecahan masalah

Copyrights © 0000