Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB
Vol 3, No 2: Semester Genap 2014/2015

PENGARUH KOMPENSASI FINANSIAL DAN NON FINANSIAL TERHADAP KEPUASAN KERJA DAN LOYALITAS KERJA KARYAWAN (STUDI PADA KARYAWAN HOTEL PELANGI MALANG, JAWA TIMUR)

Ulfah Purwaningsih (Unknown)
Noer mijati (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Apr 2016

Abstract

Penelitian ini dilakukan di Hotel Pelangi Malang, dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh langsung kompensasi finansial dan non finansial terhadap kepuasan kerja dan loyalitas kerja karyawan, serta mengetahui pengaruh tidak langsung kompensasi finansial dan non finansial terhadap loyalitas kerja melalui kepuasan kerja karyawan. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian explanatory research. Jumlah karyawan  di  Hotel  Pelangi  Malang  adalah  82  orang,  karena  jumlah  populasinya  kecil,  maka seluruh  karyawan  tersebut  dijadikan  sebagai  responden.  Metode  pengumpulan  data  dalam penelitian ini menggunakan kuisoner diukur dengan skala likert. Sedangkan analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif dan analisis jalur untuk mengetahui pengaruh Kompensasi Finansial  dan  Non  Finansial  terhadap  Kepuasan  Kerja  dan  Loyalitas  Kerja  Karyawan  Hotel Pelangi. Hasil penelitian ini adalah: (1) Kompensasi Finansial tidak berpengaruh signifikan secara parsial terhadap Loyalitas Kerja karyawan Hotel Pelangi Malang, (2) Kompensasi Non Finansial tidak berpengaruh signifikan secara parsial terhadap Loyalitas Kerja karyawan, (3) Kompensasi Finansial   berpengaruh   signifikan   secara   parsial   terhadap   Kepuasan   Kerja   karyawan,   (4) Kompensasi Non Finansial berpengaruh signifikan secara parsial terhadap Kepuasan Kerja karyawan, (5) Kepuasan Kerja berpengaruh signifikan secara parsial terhadap Loyalitas Kerja karyawan,  (6) Kompensasi  Finansial  berpengaruh  signifikan  secara  parsial  terhadap  Loyalitas Kerja  melalui Kepuasan kerja karyawan, (7) Kompensasi Non Finansial berpengaruh signifikan secara parsial terhadap Loyalitas Kerja melalui Kepuasan kerja karyawan Hotel Pelangi Malang. Hal ini menunjukkan bahwa Hotel Pelangi Malang telah menerapkan dengan baik sistem kompensasi finansial dan non finansial sebagai cara untuk meningkatkan kepuasan dan loyalitas kerja. Kata kunci: Kompensasi Finansial, Kompensasi Non Finansial, Kepuasan Kerja, Loyalitas Kerja..

Copyrights © 2014