Buletin KKN Pendidikan
Vol. 1, No. 2, Desember 2019

PENINGKATAN SISTEM MOTORIK ANAK USIA PRASEKOLAH MELALUI KEGIATAN OUTBOUND DI KB AISYIYAH JONGGRANGAN, KLATEN

Wardhani, Puspita Indra (Unknown)
Sarjono, Ardi Ade (Unknown)
Prahesti, Faricha Sarah (Unknown)
Hajandi, Femilla Aphrodite Wido (Unknown)
Ariesta, Wiwik (Unknown)
Ardiansyah, Juanda (Unknown)
Noviyanti, Hanik (Unknown)
Nurdeni, Rizka Arti (Unknown)
Listiawati, Yulli (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 May 2020

Abstract

Masa prasekolah termasuk masa-masa bermain untuk anak. Belajar sambil bermain pun dapat berpengaruh terhadap perkembangan sistem motorik anak, terutama pada anak usia prasekolah. Maka, dibuatlah metode pembelajaran yang menarik agar anak merasa senang dan semangat untuk belajar, yaitu metode Outbound. Selain dapat meningkatkan sistem motorik anak, metode ini dibuat untuk mengenalkan anak pada lingkungan sekitar. Pengabdian ini bertujuan memaparkan dampak atau pengaruh adanya kegiatan Outbound dan cara mengembangkan sistem motorik melalui permainan di dalam Outbound. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa adanya permainan dalam kegiatan Outbound yang dilakukan KB Aisyiyah Jonggrangan, Klaten Utara memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar dan perkembangan sistem motorik anak. Pengabdian ini penting dilakukan sebagai bentuk upaya yang dapat dilakukan dalam pengembangan metode pembelajaran, karena pada dasarnya pembelajaran bisa dilakukan di mana saja, baik di dalam maupun di luar ruangan atau alam terbuka.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

buletinkkndik

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences Other

Description

Lingkup kajian Buletin KKN-Dik adalah kegiatan pengabdian masyarakat dan/atau KKN Dik yang dapat berupa: (a) penerapan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya untuk memecahkan berbagai permasalahan yang ada di lingkungan masyarakat pendidikan; (b) pemahaman kondisi pendidikan masyarakat di ...