Keterbatasan bahan ajar menjadi salah satu permasalahan yang dihadapi guru dalam proses pembelajaran, khususnya pembelajaran cerpen. Oleh karena itu dalam penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa Lembar Kerja Siswa (LKPD), mengetahui kelayakan Pembelajaran Lembar Kerja Siswa (LKPD) yang memuat model pembelajaran multikultural dengan discovery learning untuk siswa kelas XI SMK, dan mengetahui tanggapannya. guru dan peserta didik pada pembelajaran Lembar Kerja Siswa (LKPD) cerita pendek yang memuat model pembelajaran discovery multikultural untuk siswa kelas XI SMK. Penelitian ini menggunakan metode (Reasearch and Development / RD) dengan tiga tahapan utama yaitu hasil studi pendahuluan, pengembangan produk, produk atau hasil pengembangan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pengembangan produk bahan ajar berupa LKPD pembelajaran cerita pendek (cerpen) bermuatan multikultural dengan model discovery learning untuk siswa kelas XI di SMK. membuat LKPD pembelajaran cerpen yang memuat multikultural dengan model discovery learning bertujuan agar siswa dapat menelaah unsur-unsur yang terkandung dalam bacaan cerpen yang memiliki muatan multikulturan sehingga siswa dapat mengembangkan sikap toreransi dari segi kebudayaan, pengetahuan .Bahan ajar yang berupa Lembar KerjaPeserta Didik (LKPD) tersebut diharapkan mampu meningkatkan pemahamandanhasil belajar siswamengenaimateri pembelajarancerpen yang bermuatan multikultur sehingga siswa dapat menerapkan nilai-nilai yang mengandung muatan multikultur dalam cerpen ke dalam kehidupan sehari-hari. K ata kunci: LKPD, multikultural, pembelajaran cerpen.Artikel Doi: https://doi.org/10.23960/J-Simbol/v7i3.2019.05
Copyrights © 2020