PIONIR: Jurnal Pendidikan
Vol 8, No 2 (2019)

TAHAP PROFESIONALISME GURU DUAL JOBS JENJANG PENDIDIKAN DASAR DI KOTA BANDA ACEH

Lailatussaadah Lailatussaadah (Fakutas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry)
Salma Hayati (Fakutas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry)
Cut Nelvi Ariska (Fakutas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry)



Article Info

Publish Date
20 Jan 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tahap profesionalisme guru Sekolah Dasar di Kota Banda Aceh dalam persepsi peserta didik. Dual Jobs bisa diartikan sebagai peran ganda, peran ganda merupakan bagian yang dimainkan individu pada setiap keadaan dan cara tingkah lakunya untuk menyelaraskan diri dengan keadaan. Dual jobs sering diperankan oleh profesi guru yang memiliki tugas profesional. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode survei melalui pembagian angket kepada 271 responden (peserta didik). Analisis data menggunakan statistik deskriptif (frekuensi, mean dan persentase). Hasil penelitian menunjukkan bahwa tahap profesionalisme guru dual jobs dalam persepsi peserta didik adalah sedang, baik dilihat pada aktifitas pengajaran dan pembelajaran maupun aktifitas non-jobs pembelajaran. Penelitian ini mengimplikasikan pada dampak aktifitas guru dual jobs di lingkungan sekolah terhadap rendahnya kualitas proses dan hasil pembelajaran.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

Pionir

Publisher

Subject

Other

Description

PIONIR: Journal of Education is an open-access Education scientific journal managed by the Study Program of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education (PGMI) Faculty of Tarbiyah and Teaching Ar-Raniry State Islamic University (UIN) Banda Aceh. PIONIR: Educational Journal is a forum for researchers and ...