Penggunaan multimedia dalam perguruan tinggi sudah selayaknya menjadi salah satu cara alternatif untuk lebih mendekatkan mahasiswa dengan peran dan manfaat teknologi berbasis komputer, serta meningkatkan kualitas proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar mahasiswapada model pembelajaran berbasis multimedia (multimedia based learning) atau MbL khususnya pada matakuliah Teknologi Bahan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif denganjenis penelitian eksperimental semu (quasi experiment). Rancangan penelitian menggunakan desain one sample group pretest-postestuntuk mengetahui pengaruh model MbL terhadap peningkatan hasil belajar mahasiswa. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan inferensial dengan paired sample t-test.Responden penelitian terdiri dari 16 orang mahasiswa pada program studi S1 Arsitektur STT Stikma Internasional Malang. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui test hasil belajar mahasiswayang telah melalui uji validitas dan reliabilitas instrumen. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikanantara skor pretes dan postes mahasiswa setelah diterapkan model pembelajaranberbasis multimedia yang ditunjukkan dengan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,00 < 0,05. Dengan demikian,dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis multimedia (MbL) mampu meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada matakuliah teknologi bahan S1 Arsitektur STT Stikma Internasional Malang.
Copyrights © 2020