Journal of Mechanical Engineering Education (Jurnal Pendidikan Teknik Mesin)
Vol 6, No 2 (2019): December

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI RENDAHNYA PARTISIPASI BELAJAR PESERTA DIDIK SMK

Ginanjar, Eggi G. (Unknown)
Darmawan, Bambang (Unknown)
Sriyono, Sriyono (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Dec 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan faktor-faktor dominan yang mempengaruhi rendahnya partisipasi belajar peserta didik di SMK. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian ini sebanyak 79 peserta didik yangdiambil dengan caraacak. Instrumen penelitian  menggunakan wawancara, angket dan dokumentasi. Data diolah dengan analisis faktor untuk mencari faktor yang paling dominan dari 20 variabel. Hasil penelitian diperoleh bahwa dari 6 aspek dengan 20 variabel pembentuknya, didapatkan 6 faktor baru yang terbentuk. Faktor yang paling dominan, yaitu: keberanian memberikan tanggapan, pemahaman peserta didik, keberanian menjawab pertanyaan, kemampuan menjelaskan, kemampuan menyimpulkan, dan kepercayaan diri bertanya. Kesimpulan penelitian ini yaitu ada enam faktor yang mempunyai pengaruh palih besar terhadap rendahnya partisipasi belajar peserta didik SMKN 6 Bandung.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jmee

Publisher

Subject

Education Mechanical Engineering

Description

Journal of Mechaninal Engineering Education merupakan jurnal yang mendeseminasikan hasil penelitian dalam bidang pendidikan teknik mesin (vocational education in mechanical engineering). Terbit tiap bulan Juni dan Desember setiap ...