Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan pengembangan modul pembelajaran pada mata pelajaran kontrol refrigerasi dan tata udara yang sesuai dengan Kurikulum 2013 yang berorientasi pada tiga domain aspek yaitu pengetahuan, sikap kerja, dan keterampilan serta data respon siswa terhadap modul pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah research and deveopment yang terdiri atas 6 langkah, yaitu: analisis pendahuluan, analisis kurikulum, penulisan dan penyusunan bahan ajar, uji coba produk, revisi, dan produk akhir. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu: angket dan modul pembelajaran. Responden penelitian ini yaitu siswa TPTU kelas XI sebanyak 32 orang. Hasil penelitian diperoleh bahwa telah dihasilkan modul pembelajaran yang sesuai dengan Kurikulum 2013 yang mencangkup tiga domain aspek yaitu kognitif, psikomotor dan afektif. Hasil penilaian oleh siswa terhadap modul tersebut rata-rata sebesar 82,42%. Nilai interprestasi penilaian modul pembelajaran oleh responden mendapatkan nilai rata-rata sebesar 83,98%. Modul pembelajaran tersebut dapat diinterprestasikan sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran. Modul pembelajaran pada mata pelajaran kontrol refrigerasi dan tata udara yang peneliti buat terbukti menarik dan membuat siswa lebih tertarik untuk mempelajari modul tersebut.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2019