Journal of Mechanical Engineering Education (Jurnal Pendidikan Teknik Mesin)
Vol 6, No 2 (2019): December

PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK

Romadhoni, Evan (Unknown)
Wiharna, Ono (Unknown)
Mubarok, Ibnu (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Dec 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data tentang motivasi dan hasil belajar peserta didik serta pengaruhnya terhadap hasil belajar pada mata pelajaran gambar teknik di SMKN 8 Bandung. Penelitian ini menggunakan metode ex post facto dengan pendekatan korelasional. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas XI TSM sebanyak 67 orang. Instrumen yang digunakan adalah angket yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil penelitian diperoleh bahwa motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran gambar teknik dalam kriteria tinggi. Hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran gambar teknik berada pada kategori baik. Motiasi belajar berpengaruh positif terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran gambar teknik. Kesimpulan penelitian ini bahwa motivasi dalam pembelajaran sangat penting sehingga dapat mempengaruhi hasil belajar siswa.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jmee

Publisher

Subject

Education Mechanical Engineering

Description

Journal of Mechaninal Engineering Education merupakan jurnal yang mendeseminasikan hasil penelitian dalam bidang pendidikan teknik mesin (vocational education in mechanical engineering). Terbit tiap bulan Juni dan Desember setiap ...