Jurnal Pendidikan Kimia FKIP Universitas Halu Oleo
Vol 4, No 3 (2019): Edisi Desember

ANALISIS MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA MENGGUNAKAN TES DIAGNOSTIK TWO TIER MULTIPLE CHOICE

Usu, Novianti (Unknown)
Rahmanpiu, Rahmanpiu (Unknown)
Marhadi, Muh. Alim (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Apr 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui miskonsepsi siswa pada materi kesetimbangan kimia dengan menggunakan tes diagnostik two tier multiple choice dan mengetahui persentase siswa yang mengalami miskonsepsi pada konsep kesetimbangan kimia dikelas XI MIA SMA Negeri  7 Kendari. Sampel penelitian ini adalah 63 siswa dari tiga kelas XI MIA SMA Negeri 7 Kendari. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Teknik pengumpulan data untuk menganalisis miskonsepsi siswa menggunakan tes diagnostik berupa tes two-tier multiple Choice, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa mengalami miskonsepsi konsep kesetimbangan kimia. Miskonsepsi yang dialami siswa terjadi pada subkonsep kesetimbangan dinamis (26,9%), subkonsep pergeseran kesetimbangan kimia (40%), subkonsep tetapan kesetimbangan kimia (49,3%) dan subkonsep kesetimbangan kimia dalam suatu industri (31,6%). Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa miskonsepsi tertinggi pada subkonsep tetapan kesetimbangan kimia, sedangkan untuk persentase terendah pada subkonsep kesetimbangan dinamis. Miskonsepsi teridentifikasi disetiap sub konsep pada konsep kesetimbangan kimia dengan rata-rata sebesar 37%.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jpkim

Publisher

Subject

Chemistry Education

Description

Jurnal Pendidikan Kimia FKIP Univertsitas Halu Oleo terbit 3 kali setahun yaitu April, Agustus dan Desember setiap tahunnya, dengan menerbitkan artikel ilmiah hasil-hasil penelitian Pendidikan Kimia dan juga Kimia Terapan. Artikel yang akan dimuat dalam pendidikan Kimia FKIP Universitas Halu Oleo ...