Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Geografi
Vol 4, No 1 (2019): Februari 2019

HUBUNGAN MINAT BELAJAR SISWA DAN PERHATIAN ORANG TUA DENGAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 MESJID RAYA

Ayu Safitri (Universitas Syiah Kuala)
Amsal Amri (Iniversitas Syiah Kuala)
Mirza Desfandi (Universitas Syiah Kuala)



Article Info

Publish Date
21 Oct 2019

Abstract

Keluarga merupakan lingkungan sosial kecil yang dikenal pertama kali oleh seseorang anak. Oleh karena itu keluarga mempunyai peran penting bagi perkembangan dan pertumbuhan seorang anak. Secara lebih spesifik dapat dikatakan bahwa yang sangat mempengaruhi prestasi belajar anak dari faktor keluarga adalah dukungan dan perhatian orang tua. perhatian tersebut dapat berupa pemberian fasilitas belajar, membantu kesulitan, maupun pemberian penghargaan atau hukuman. Tujuan penelitian adalah apakah terdapat hubungan yang signifikan antara minat belajar siswa dan perhatian orang tua dengan hasil belajar IPS Terpadu siswa SMP Negeri 1 Mesjid Raya. Pendekatan yang digunakan yaitu kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Mesjid Raya yang berjumlah 80 siswa dan sampel penelitian sebanyak 40 siswa  menggunakan teknik random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan angket dan dokumentasi. Berdasarkan pengolahan data hasil penelitian yaitu, hubungan minat belajar siswa dan perhatian orang tua dengan hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Mesjid Raya yaitu 0,294 dinyatakan hubungannya rendah. Dari pengolahan data tidak terdapat hubungan yang signifikan anatara minat belajar siswa dan perhatian orang tua dengan hasil belajar siswa. Kata Kunci: hubungan, minat belajar siswa, perhatian orang tua, hasil belajar, IPS Terpadu.

Copyrights © 2019