ABSTRAK Kata kunci : Kesulitan Guru BK yang BerlatarPendidikan Non BK DalamMenanganiMasalahSiswa Penelitian ini berjudul “Kesulitan yang dihadapi guru BK yang berlatarpendidikan non BK dalammenanganimasalahsiswa”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesulitanapasaja yang dihadapi guru BK yang berlatarbelakangpendidikan non BK dalammenanganimasalahsiswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subyek dalam penelitian ini 7 orang guru BK yang bertugas di sekolah SMA Negeri yang memiliki latar belakang pendidikan non BK. Pengumpulan data dengan menggunakan instrumen wawancara observasi dan dokumentasi. Berdasarkn hasil temuan di lapangan peneliti melihat kompetesi guru non Bimbingan Konseling baik secara pedagogik, profesional, sosial dan keperibadian, dimana kemampuan pemahaman terhadap peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pelayanan, serta evaluasi hasil pelaksanaan layanan masih kurang. Ditambah dengan kurangnya tenaga kerja guru Bimbingan Konseling pada SMA Negeri dalam wilayah Kota Banda Aceh, serta kurangnya perhatian dan dukungan dari kepala sekolah, staf pengajaran, wali kelas, guru pembimbing dan orang tua siswa, hal inilah yang menjadi penyebab kesulitan bagi guru non Bimbingan Konseling dalam menangani masalah siswa.
Copyrights © 2018