Menulis merupakan salah satu kemampuan yang sulit dikuasai oleh siswa, oleh karena itu penggunaan pembelajaran merupakan salah satu upaya untuk memudahkan siswa mengembangkan ide dalam menulisPenelitian ini bertujuan untukk mendeskripsikan tingkat kemampuan menulis cerpen menggunakan pop up siswa kelas V SD Negeri 26 Banda Aceh.Pendekatan dalam penelitian ini menggunaakan pendekatan kualitatif.Subjek penelitian adalah 24 orangTeknica  anallisis  yang saya yagunakan rumus perseentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata kemampuan siswa kelas V di SD Negeri 26 Banda Aceh dalam menulis cerpen termasuk kategori baik yaitu sebesar 80,54. Nilai perolehan terpuncak yng dicapai oleh  siswa ialah 90. Sedangkan nilai terendaah yang diperoleh siswa ialah 70. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan media pop up dapat membantu siswa dalam menulis cerpen. Pencapaian hasil belajar siswa yang baik tidak terlepas dari peemanfaatan media pop up dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil analisis data dapat diketahui terdapat14 siswa (58,33%) yang mencapai kategori baik sekali dan 10 orang siswa (41,67%) yang mencapai kategori baik. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa sebagian besar siswa mendapatkan kategori baik sekali dalam menulis cerpen menggunakan media pop up.   
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2019