Bio Ilmi: Jurnal Pendidikan
Vol 5 No 2 (2019): Bioilmi: Jurnal Pendidikan

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SEL MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAME TOURNAMENT SISWA KELAS XI IPA 5 SMA NEGERI 5 PALEMBANG

Waluyo Waluyo (SMA Negeri 5 Palembang)
Suyud Abadi (Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran biologi melalui penerapan pembelajaran Kooperatif tipe team game tournament di SMA Negeri 5 Palembang. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus dimana setiap siklus terdiri atas tiga kali pertemuan proses tindakan dan satu kali evaluasi. Setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan dan observasi, evaluasi dan refleksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian berupa instrumen non tes berupa lembar observasi, catatan harian, angket sebelum dan sesudah siklus, tes tulis berupan ulangan harian akhir siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe team game tournament dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar peserta didik. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan rata-rata hasil belajar peserta didik dari siklus I ke siklus II, di mana rata-rata hasil ulangan akhir pra siklus adalah 67 yaitu dengan persentase ketuntasan 62% sementara rata-rata nilai hasil akhir siklus I adalah 73 atau dengan persentase ketuntasan yaitu 76% atau mengalami peningkatan 14% dan pada siklus II mencapai 91 % yaitu dengan jumlah siswa yang tuntas yaitu 32 siswa dari 35 siswa atau mengalami peningkatan 15%, yang berarti menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe team game tournament dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

BIOILMI

Publisher

Subject

Education

Description

The issues of these journals include, but not limited to, practices and researches in Biology Education which cover the areas of instruction, learning, teaching methods, pedagogical techniques, curriculum development; programm, syllabus, and materials designs; educational technology, and ...