Metodik Didaktik
Vol 15, No 1 (2019): Metodik Didaktik Juli 2019

POSITIVE BEHAVIOR INTERVENTION SUPPORT (PBIS) PADA SISWA BERKESULITAN MENULIS

Irmawanty, Irmawanty (Unknown)
Supena, Asep (Unknown)
Hendrawan, Doni (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Dec 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pendampingan yang dilakukan guru pada anak berkesulitan belajar khususnya menulis karena gangguan psikologis di kelas I Madrasah Ibtidaiyah. Fokus penelitian adalah proses pendampingan anak berkesulitan menulis di kelas I Madrasah Ibtidaiyah. Penelitian yang dilakukan ini  merupakan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas I Madrasah Ibtidaiyah Swasta Kota Tangerang. Objek penelitian adalah pembelajaran menulis. Analisis data dilakukan dengan cara  mereduksi data, men display, menginterpretasi dan menyimpukan. Berdasarkan hasil analisis data penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) siswa mengalami kesulitan dalam memegang pensil atau alat tulis, menyimak dikte guru, menulis sesuai garis buku, membedakan penggunaan huruf capital dan huruf biasa dan tidak atau belum siap belajar menulis. (2) PBIS dapat meningkatkan percaya diri siswa dalam pembelajaran menulis

Copyrights © 2019