Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan pendidikan terhadap loyalitas siswa dengan kepuasan sebagai variabel intervening pada Fakultas Ekonomi Universitas Borneo Tarakan. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan kuesioner dan menggunakan skala likert. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 936 orang mahasiswa dengan karakteristik yaitu mahasiswa aktif Universitas Borneo Tarakan yang telah menempuh studi dengan masa studi minimal menjadi mahasiswa lebih dari 2 semester atau 1 tahun masa perkuliahan. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 orang mahasiswa dengan menggunakan teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Alat analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah Stuctural Equation Model (SEM). Hasil penelitian dengan menggunakan path analysis menunjukkan bahwa kualitas layanan pendidikan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas Mahasiswa, Kepuasan juga berpengaruh signifikan terhadap loyalitas mahasiswa. Dalam penelitian ini Kepuasan juga memediasi antara pengaruh kualitas layanan pendidikan loyalitas mahasiswa.
Copyrights © 2020