Satya Widya
Vol 29 No 2 (2013)

STRATEGI BERSAING SEKOLAH KRISTEN LENTERA AMBARAWA

Jubelina Jubelina (Alumni Magister Manajemen Pendidikan Universitas Kristen Satya Wacana)
Supramono Supramono (Magister Manajemen Pendidikan Universitas Kristen Satya Wacana)



Article Info

Publish Date
05 Dec 2013

Abstract

Dunia pendidikan diperhadapkan dengan berbagai persaingan antar lembaga pendidikan yang terbilang sangat kompleks dan beragam. Kondisi persaingan tersebut dapat menjadikan lembaga pendidikan yang mampu bertahan menjadi unggul, namun bagi lembaga pendidikan yang tidak mampu bertahan akan mengalami penurunan. SMP Kristen Lentera, sebagai salah satu pendatang baru dalam dunia pendidikan juga mengalami kondisi tersebut. Oleh karena itu, timbul pertanyaan “Bagaimana strategi bersaing SMP Kristen Lentera Ambarawa?”. Untuk mengetahui tentang strategi bersaing, dalam penelitian ini dijelaskan tentang tiga pendekatan strategi generik, yaitu keunggulan biaya, diferensiasi dan fokus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SMP Kisten Lentera Ambarawa menerapkan strategi diferensiasi untuk menghadapi persaingan antar lembaga pendidikan.Strategi ini dilakukan dengan menerapkan berbagai program yang berbeda dari sekolah lainnya di Ambarawa seperti MultipleIntelligences, Moving Class, Sekolah Lima Hari, Wasana Warsa Sekolah Kristen Lentera, Hari Budaya, Field Trip dan Parent Seminar. Untuk itu, saran bagi SMP Kristen Lentera dalam menjalankan strategi diferensiasi yaitu dapat melaksanakan program-program baru yang telah direncanakan seperti sablon dan pembuatan asesoris pada pelajaran Mulok, Bahasa Mandarin, klub matematika dan klub Kuark. Selain itu juga melakukan kegiatan sosial seperti pengobatan gratis dan pembagian sembako bagi orang kurang mampu di sekitar Ambarawa.

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

satyawidya

Publisher

Subject

Education

Description

SATYA WIDYA is presenting diverse, yet still within major themes in education. Especially the study of theoretical education and results of descriptive research, classroom action research, experimental and development research, in the purpose of sustainable professionalism ...