Satya Widya
Vol 28 No 1 (2012)

PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN ADAPTIF, KOOPERATIF, AKTIF DAN REFLEKTIF (PAKAR)

Bambang S. Sulasmono (Program Studi S1 PPKn – FKIP Universitas Kristen Satya Wacana)
Yari Dwikurnaningsih (Program Studi S1 Bimbingan & Konseling – FKIP Universitas Kristen Satya Wacana)



Article Info

Publish Date
05 Jun 2012

Abstract

Pengembangan model pembelaj aran ini dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan akan model pembelajaran yang cocok untuk pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Hasil yang diharapkan adalah model yang memenuhi persyaratan model pembelajaran yang baik, yaitu: a) kokoh bangunan teoritisnya, b) valid topangan hasil penelitian tentang efektifitas modelnya, dan c) teruji prosedur pelaksanaan bakunya. Pengembangan model pembelajaran PAKAR ini menggunakan model umum pemecahan masalah kependidikan dari Plomp (1982) yang mencakup a) tahap penyelidikan/investigasi awal (preliminary investigation), b) tahap perancangan (design), c) tahap pengembangan (realization/ construction), d) tahap tes, evaluasi dan revisi (test, evaluation, and revision), dan e) tahap implementasi(implementation). Dalam penelitian ini, perolehan pengembangan yang dicapai baru sampai pada tahap konstruksi yaitu dengan hasil akhir prototipe model pembelajaran PAKAR. Prototipe ini sudah diuji validitas isinya melalui uji ahli atau pakar kependidikan. Pada tahun berikutnya akan dilanjutkan ketahap tes, evaluasi dan revisi serta tahap implementasi model.

Copyrights © 2012






Journal Info

Abbrev

satyawidya

Publisher

Subject

Education

Description

SATYA WIDYA is presenting diverse, yet still within major themes in education. Especially the study of theoretical education and results of descriptive research, classroom action research, experimental and development research, in the purpose of sustainable professionalism ...