Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual
Vol 4 No 2 (2020): Volume 4, Nomor 2, April 2020

Pelatihan Berbasis Peer Assessment dalam Meningkatkan Kualitas Rancangan Lembar Kerja Siswa (LKS) oleh Guru

Mat Kasuri (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2020

Abstract

Berlatar belakang temuan rendahnya pengetahuan guru mengenai lembar kerja siswa (LKS) dan jarangnya guru merancang LKS untuk pembelajaran maka dilakukan penelitian tindakan sekolah (PTS). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas rancangan LKS yang disusun oleh guru disamping memberi pengetahuan terkait LKS dengan menerapkan peer assessment. Penelitian dilakukan di SDN 042/V Senyerang pada 9 guru (3 guru laki-laki dan 6 guru perempuan). Penelitian dilakukan selama dua siklus. Data yang diperoleh berupa data kualitatif dan data kuantitatif. Analisis data kuantitatif dilakukan dengan melakukan scoring skala 100 sedangkan analisis data kuantitatif mengikuti langkah Miles dan Huberman. Penerapan peer assessment dalam pelatihan guru untuk merancang LKS menunjukkan hasil yang positif. Rata-rata skor kualitas rancangan LKS guru mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I rata-rata skor kualitas rancangan LKS adalah 82,22 dan meningkat menjadi 94,17 pada siklus II. Selain itu, berdasarkan ketiga aspek yang dinilai yakni aspek konten, tampilan dan bahasa juga mengalami peningkatan.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

Riset_Konseptual

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual is a scientific journal published by Universitas Nahdlatul Ulama Blitar c.q. Faculty of Science Education. This journal appears in both electronic and printed versions. This journal is published 4 (four) times a year ie January, April, July, October. This ...