Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual
Vol 4 No 2 (2020): Volume 4, Nomor 2, April 2020

Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar IPS Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning

siti nuriyah (SMP Negeri 02 Blitar)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2020

Abstract

Dalam kurikulum 2013 pada prinsip pelaksanaan adalah berpusat pada peserta didik yang berbasis aktifitas yang memberikan kesempatan untuk mengembangkan potensi minat dan bakatnya dalam bidang yang ditekuninya secara mandiri. Upaya memandirikan siswa untuk belajar, bekerja sama, dan menilai diri sendiri diutamakan agar siswa mampu membangun kemauan, pemahaman, dan pengetahuannya. Peningkatan potensi, kecerdasan, dan motivasi siswa perlu terus-menerus diupayakan dengan cara proses pembelajaran yang direncanakan oleh guru. Upaya yang dilakukan guru adalah menggunakan model Problem Based Learning (PBL) sangat cocok untuk memotivasi siswa dalam memecahkan masalah masalah terkait dengan materi Pengaruh perubahan dan interaksi keruangan terhadap kehidupan di negara negara ASEAN. Dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) peserta didik dapat meningkatkan pengetahuan dan pemahaman dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial secara keseluruhan

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

Riset_Konseptual

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual is a scientific journal published by Universitas Nahdlatul Ulama Blitar c.q. Faculty of Science Education. This journal appears in both electronic and printed versions. This journal is published 4 (four) times a year ie January, April, July, October. This ...