Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui 1) Bagaimana perencanaan sarana prasarana dalam meningkatkan mutu pendidikan. 2) Bagaimana penggunaan sarana prasarana dalam meningkatkan mutu pendidikan. 3) Bagaimana pengendalian sarana prasarana dalam meningkatkan mutu pendidikan. 4) Bagaimana evaluasi sarana prasarana dalam meningkatkan mutu pendidikan. 5) Apa faktor penghambat dan pendukung sarana prasaran dan 6) Bagaimana solusi mengatasi hambatan optimalisasi pemanfaatan sarana prasarana pendidikan guna meningkatkan mutu pendidikan. Penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data dengan cara pengamatan atau observasi, wawancara, studi dokumen dengan menggunakan fasilitas rekaman dan catatan data. Hasil penelitian menunjukan bahwa manajemen sarana prasarana di sekolah belum begitu baik perlu adanya pembenahan baik dari perencanaan, penggunaan, pengendalian, dan evaluasi, serta terdapat dua faktor penghambat 1) yayasan, 2) komite sekolah dan solusi.
Copyrights © 2019