PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, dan Pembelajaran
Volume 3 Nomor 2 Oktober 2019

Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Sarana Prasarana, dan Motivasi Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru SMA

Kadir Kadir (Universitas Negeri Yogyakarta)
Muhyadi Muhyadi (Universitas Negeri Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh: (1) kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru SMA; (2) kelayakan sarana prasarana terhadap kinerja guru SMA; (3) motivasi kerja guru terhadap kinerja guru SMA; (4) kepemimpinan kepala sekolah, kelayakan sarana prasarana, dan motivasi kerja guru secara simultan terhadap kinerja guru SMA. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian terdiri atas 14 sekolah. Guru berjumlah 882 orang dan diambil sampel sebanyak 243 guru berdasarkan rumus Isaac & Michael dengan taraf kesalahan 5%. Unit analisis dalam penelitian ini adalah guru sebanyak 243 guru yang diambil secara acak dari jumlah populasi sebanyak 882 guru. Validitas butir instrumen meliputi validitas logis (expert judgment) dan validitas empiris yang dihitung dengan Pearson product moment correlation. Reliabilitas dihitung dengan teknik Alpha Cronbach. Analisis data menggunakan teknik analisis jalur untuk menguji hipotesis penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru; (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan kelayakan sarana prasarana terhadap kinerja guru; (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan motivasi kerja guru terhadap kinerja guru; (4) terdapat pengaruh positif dan signifikan kepemimpinan kepala sekolah, kelayakan sarana prasarana, dan motivasi kerja guru terhadap kinerja guru.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

pembelajar

Publisher

Subject

Education

Description

PEMBELAJAR menerbitkan hasil pemikiran dan hasil penelitian yang ditulis oleh pakar, pendidik, ilmuan, dan praktisi pendidikan pada bidang Pendidikan, Keguruan, dan ...