PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, dan Pembelajaran
Volume 3 Nomor 2 Oktober 2019

Pengaruh Organisasi Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Universitas Iqra Buru (UNIQBU)

Irma Magfirah (Universitas Iqra Buru)
Siami Prafitriyani (Universitas Iqra Buru)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Untuk mengetahui keaktifan mahasiswa dalam berorganisasi Universitas Iqra Buru (UNIQBU) Tahun Ajaran 2018/2019; (2) Untuk mengetahui pengaruh keaktifan dalam berorganisasi terhadap hasil belajar mahasiswa Universitas Iqra Buru (UNIQBU) Tahun Ajaran 2018/2019.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan expost facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa yang ikut organisasi pada BEM, HMJ, dan UKM tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 93 mahasiswa dengan menggunakan penyebaran kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistic deskriptif dan analisis statistic inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: terdapat  pengaruh  keaktifan  mahasiswa dalam mengikuti organisasi (BEM, HMJ, UKM) terhadap hasil belajar mahasiswa Universitas Iqra Buru Tahun Ajaran 2018/2019 sebesar 23%.   Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan terdapat pengaruh positif yang ditunjukkan dengan nilai koefisien korelasi rxy sebesar 0,015 dan koefisien determinasi r2sebesar 0,22 dan harga Fhitung sebesar 5,044 > 3,191 dengan (sign) = 0,027 < 0,05. Pengaruh keaktifan mahasiswa dalam mengikuti organisasi (BEM, HMJ, UKM) terhadap hasil belajar mahasiswa terbukti signifikan dengan nilai Sig 0,027 lebih kecil dari 0,05. Berdasarkan distribusi frekuensi kecenderungan keaktifan mahasiswa dalam  mengikuti  organisasi,  ditunjukkan  bahwa  keaktifan  mahasiswa yang dimiliki organisasi (BEM, HMJ, UKM) Universitas Iqra Buru berada dalam kategori tinggi yaitu 45,17%.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

pembelajar

Publisher

Subject

Education

Description

PEMBELAJAR menerbitkan hasil pemikiran dan hasil penelitian yang ditulis oleh pakar, pendidik, ilmuan, dan praktisi pendidikan pada bidang Pendidikan, Keguruan, dan ...