AbstrakPenelitian ini dilatarbelakangi oleh pemanfaatan media pada pembelajaran IPA SD sebagai salah satu keterampilan yang harus dimiliki oleh seorang guru Sekolah Dasar (SD). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi persepsi mahasiswa PGSD UPH tentang pemanfaatan alat peraga pada pembelajaran IPA SD melalui implementasi Project Based Learning (PjBL). Penelitian deskriptif ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Data dalam penelitian ini dikumpulkan menggunakan beberapa instrumen, baik itu kuesioner, dokumentasi, dan observasi. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling; yaitu 63 orang mahasiswa PGSD tahun kedua PGSD (semester 4) yang mengambil mata kuliah Sains dan Teknologi. Setelah penerapan PjBL, hasil menunjukkan bahwa persepsi mahasiswa sangat positif terhadap media ajar untuk pembelajaran IPA, begitu juga persepsi mahasiswa terhadap manfaat media ajar bagi siswa SD. Persepsi mahasiswa calon guru inilah yang mengembangkan interpretasi mahasiswa, yang kemudian membuahkan tindakan pengambilan keputusan yaitu respon kesiapan dan kemauan untuk menggunakan media ajar alat peraga untuk pembelajaran IPA. Penelitian ini selanjutnya dapat dikembangkan dengan melakukan uji efektivitas implementasi PjBL terhadap persepsi mahasiswa.AbstractThis study is based on utilization of learning media in primary science teaching as one of skills which a primary teacher must have. The aim of this study is to identify the perception of UPH PGSD students on the utilization of primary science 3D learning media through Project Based Learning (PjBL) implementation. This descriptive study was conducted with a quantitative approach. Data in this study were collected using a questionnaire, documentation, and observation. The sample in this study was determined using a purposive sampling technique; namely 63 of the 2nd year of PGSD students (4th semester) who took the Science and Technology course. After the implementation of the PjBL it has resulted that the perception of the students was very positive towards science teaching media and its benefits to primary students. This perception develops the student's interpretation, which then proceeds into an act of decision making which is the readiness and willingness to use teaching media in primary science learning. Later, a further study can be developed to know the effectiveness of PjBL implementation in building student’s perception.
Copyrights © 2020