Kindergarten: Journal of Islamic Early Childhood Education
Vol 3, No 1 (2020): April

Merdeka Belajar bagi Anak Kebutuhan Khusus di SLB Kumala Indah Padangsidimpuan

Asfiati Asfiati (IAIN Padang Sidimpuan)
Nur Imam Mahdi (IAIN Padang Sidimpuan)



Article Info

Publish Date
29 Apr 2020

Abstract

Pemerintah melakukan perubahan pendidikan yaitu adanya Merdeka Belajar. Merdeka Belajar diharapkan dilaksanakan oleh semua jenis pendidikan termasuk anak berkebutuhan khusus diberikan kesempatan penuh untuk mendapatkan pendidikan dan pengajaran. Fokus penelitian ini yaitu sistem zonasi sebagai sistem Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) dan asesement kemampuan minimum serta survey karakter. Metode penelitian adalah deskriptif kualitatif. Sumber data primer penelitian adalah kepala sekolah dan wakil kepala sekolah bidang kurikulum. Sumber data sekunder adalah 5 orang guru dan siswa di Sekolah Luar Biasa (SLB) Kumala Indah kota Padangsidimpuan. Peneliti mengumpulkan data melalui wawancara mendalam dan observasi, dokumentasi. Data dianalisa dengan teknik interaksi melalui reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa sistem zonasi PPDB telah dilakukan di Sekolah Luar Biasa (SLB) Kumala Indah kota Padangsidimpuan sebagai bukti mendukung program pemerintah. PPDB melalui jalur zonasi 50 % terdiri dari 10 siswa.  

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

KINDERGARTEN

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini yang diterbitkan oleh Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau terbit dua kali setahun pada bulan Maret dan November, memuat artikel hasil Kajian Teori dan Praktik di bidang Pendidikan Anak Usia ...