Tujuan penelitian in adalah mendeskripsikan profil mahasiswa baru UML, mengidentifikasi persepsi mahasiswa baru terhadap UML, mengidentifikasi motivasi mahaisiswa baru dan media promosi yang efektif mendorong mahasiswa baru untuk mengenal dan memilih UML,. Sampel penelitian sebanyak 725 mahasiswa baru angkatan 2018/2019 yang mengikuti ta’aruf, data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner, lalu data tersebut dianalisisa secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa profil mahasiswa baru UML yakni 58% perempuan, sebagian besar (67%) berumur 18-19 tahun , 94% tidak bekerja, 3% telah menikah, 43% dari orangtua mahasiswa memiliki pekerjaan sebagai petani, Lebih dari separuh (51%) Sedangkan persepsi mahasiswa tentang UML adalah 44,1% beranggapan program studi yang ada sangat sesuai dengan minat mahasiswa, dan 41% beranggapan UML termasuk perguruan tinggi yang Islami. Motivasi sebagian besar mahasiswa (36%) masuk UML karena adanya keinginan menjadi Aparatur Sipil Negara, 25% ingin menjadi wirausahawan, dan 16% termotivasi ingin menjadi karyawan BUMN. Media promosi yang efektif mendorong mahasiswa mengenal dan memilih UML adalah melalui cerita keluarga atau teman yang sedang/pernah kuliah di UML.
Copyrights © 2020