Persepsi : Communication Journal
Vol 3, No 1 (2020): Mei 2020

Strategi Pesan Persuasif Terkait Program One Ride One Seed Pada Postingan Instagram @Bluebirdgroup

Rifa Qurrotu Ainie (Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta)
Rut Rismanta Silalahi (Unknown)
Uljanatunnisa . (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Apr 2020

Abstract

AbstrakJakarta memiliki kualitas udara buruk hampir sepanjang tahun yang di sebabkan oleh asap kendaraan bermotor. Berdasarkan keprihatinan atas masalah tersebut, Bluebird Group bertekad #BirukanLangitJakarta dengan mengadakan program One Ride One Seed dalam upaya meminimalkan pencemaran udara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pesan persuasif apa saja yang digunakan Bluebird dalam mensosialisasikan program One Ride One Seed pada postingan instagramnya @Bluebirdgroup. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori persuasif menurut Robert B. Cialdini. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian analisis isi deskriptif. Populasi dan sampel penelitian ini adalah postingan instagram @Bluebirdgroup pada program One Ride One Seed sebanyak 13 postingan dengan teknik pengolahan data diproses menggunakan lembar coding. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dari keenam startegi persuasif, Bluebird tidak menggunakan strategi authority pada postingan program One Ride One Seed di instagram-nya dan lebih banyak menggunakan strategi reciprocation.Kata kunci :  Analisis Isi Deskriptif, Strategi Pesan Persuasif, Instagram

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

PERSEPSI

Publisher

Subject

Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

PERSEPSI: Communication Journal is a media publication manuscript that contains the results of the Field Research communication science applying peer-reviewed. Manuscripts published in the JPersepi: Communication Journal includes the results of scientific research original articles scientific ...