Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel citra merek dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan sehingga berdampak pada loyalitas pelanggan umum di Apotek Farmarin Bidakara. Penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif ini mengambil 275 pelanggan umum Apotek Farmarin Bidakara sebagai responden. Pengambilan sampel dilakukan secara non probability dengan pendekatan incidental sampling, dan data dianalisis dengan regresi binary logistic menggunakan program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel citra merek dan kualitas pelayanan berpengaruh positif secara signifikan terhadap variabel kepuasan pelanggan (p=0,05). Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel citra merek dan kualitas pelayanan secara bersama-sama (simultan) berpengaruh positif secara signifikan terhadap variabel kepuasan pelanggan (p=0,05). Hasil analisis secara parsial menunjukkan bahwa variabel citra merek berpengaruh signifikan terhadap variabel kepuasan pelanggan sedangkan variabel kualitas pelayanan tidak berpengaruh nyata terhadap variabel kepuasan pelanggan (p=0,05). Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kepuasan pelanggan berpengaruh positif secara signifikan terhadap variabel loyalitas pelanggan (p=0,05). Indikator yang perlu ditingkatkan untuk variabel kepuasan pelanggan adalah kepuasan pelanggan mendapatkan solusi pemecahan masalah yang dimilikinya.
Copyrights © 2020