JURNAL SERAMBI ILMU
Vol 21, No 1 (2020): Jurnal Serambi Ilmu

PROGRAM BILINGUALISME BAHASA INGGRIS PADA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

Pransiska, Rismareni (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Mar 2020

Abstract

Semakin menjamurnya Taman Kanak-kanak yang menerapkan program bilingual muncul untuk menjawab tuntutan orang tua terhadap masa depan anaknya berkaitan dengan keahlian berbahasa Inggris. Penelitian ini bertujuan untuk mengupas mengenai penerapan, manfaat serta metode dan strategi pembelajaran bagaha inggris dalam program bilingualisme. Metode penelitian yang dipakai adalah penelitian kepustakaan. Metode pengumpulan data adalah metode dokumentasi dan analisis yang digunakan adalah analisis isi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam penerapan program bilingual perlu memperhatikan kurikulum serta kompetensi guru yang ada. Sementara itu manfaat dari penerapan program bilingual ini menunjukkan selain mempelancar bahasa Inggris anak juga memberikan dampak positif terhadap kognitif, intelegensi dan perilaku sosial anak. Semua hal positif diatas didukung oleh metode dan strategi yang sesuai dengan perkembangan anak usia dini seperti metode bernyanyi dan TPR (Total Physical Respon) serta pemanfaatan media yang tepat seperti media audio visual. Kesimpulan dari kajian program ini menunjukkan program bilingualisme pada Pendidikan Anak Usia Dini memberikan hasil yang positif pada perkembangan bahasa anak.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

serambi-ilmu

Publisher

Subject

Education

Description

Journal Serambi Ilmu is published since 2003, consistence to publishing the orginil manuscript of educational sourced from research results, conceptual ideas, studies and application of theory or literature review that has never been sent or published in other journals ...