Indonesian Journal of Primary Education
Vol 3, No 2 (2019): Indonesian Journal of Primary Education: December 2019

Motivasi Siswa Sekolah Dasar Mengikuti Ekstrakurikuler Olahraga Ditinjau dari Motif Berprestasi

Sri Fuji Lestari (Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya)
Heri Yusuf Muslihin (Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya)
Yusuf Suryana (Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya)



Article Info

Publish Date
21 Dec 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat motivasi siswa sekolah dasar mengikuti ekstrakurikuler olahraga ditinjau dari motif berprestasi, yang dibagi dalam dua faktor yaitu (1) motivasi intrinsik, dan (2) motivasi ekstrinsik. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan pendekatan kuantitatif dan angket sebagai instrumen pengambilan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi siswa sekolah dasar mengikuti ekstrakurikuler olahraga ditinjau dari motif berprestasi yang berkategori sangat tinggi sebanyak 2 orang dengan presentase 5.26%, kategori tinggi sebanyak 10 orang atau 26.32%, kategori sedang sebanyak 18 orang atau 47.37%, kategori rendah sebanyak 5 orang atau 13.16%, dan kategori sangat rendah sebanyak 3 orang atau 7.89%. Ditinjau dari hasil motivasi intrinsik sebanyak 1 siswa dengan presentase 2.63% berkategori sangat tinggi, sebanyak 12 siswa berkategori tinggi dan sedang dengan presentase 31.58%, sebanyak 11 siswa berkategori rendah dengan presentase 28.95%, dan 2 siswa berkategori sangat rendah dengan presentase 5.26%. Ditinjau dari hasil motivasi ekstrinsik sebanyak 3 siswa dengan presentase 7.89% berkategori sangat tinggi, sebanyak 12 siswa berkategori tinggi dan sedang dengan presentase 31.58%, sebanyak 9 siswa berkategori rendah dengan presentase 23.69%, dan 2 siswa berkategori sangat rendah dengan presentase 5.26%. Berdasarkan nilai rata-rata, motivasi berada pada kategori sedang dengan jumlah 18 siswa atau 47.37%. Motivasi intrinsik berada pada kategori tinggi dan sedang dengan masing-masing siswa sebanyak 12 atau 31.58%. Motivasi ekstrinsik berada pada kategori tinggi dan sedang dengan masing-masing siswa sebanyak 12 atau 31.58%.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

IJPE

Publisher

Subject

Education

Description

Indonesian Journal of Primary Education adalah jurnal berkala ilmiah yang diterbitkan dua kali setahun (Juni-Desember) yang mempublikasikan hasil penelitian orisinal tentang pendidikan dasar dan pendidikan guru sekolah dasar. Jurnal ini bertujuan untuk mengembangkan konsep, teori, perspektif, ...