JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia)
Vol 4, No 2 (2019): Volume 4 Number 2 September 2019

PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA MELALUI PENDEKATAN (SOMATIC, AUDITORY, VISUAL AND INTELLECTUAL)

Khoerul Umam (Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA)
Ervin Azhar (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Dec 2019

Abstract

Pengembangan pemahaman konsep matematika yang baik akan meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Pendekatan SAVI menawarkan suatu konsep pembelajaran matematika yang integratif dengan mengintegrasikan banyak aspek. Penelitian ini dirancang dengan desain kuasi eksperimen. Subjek penelitian pada kelas eksperimen berjumlah 36 siswa sedangkan kelas kontrol terdiri dari 35 siswa. Analisis data menggunakan statistic deskriptif. Berdasarkan hasil studi menunjukkan siswa yang diberikan pembelajaran dengan pendekatan SAVI mengalami peningkatan pemahman konsep matematis secara siginifikan. Laporan hasil studi menunjukkan bahwa kemampuan siswa untuk mengkonstruksi masalah melalui pemahaman konsep yang baik. Siswa yang diajarkan oleh pendekan SAVI memiliki kemampuan untuk menganalisis masalah melalui konstruksi konsep matematika

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JPMI

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia (JPMI), e-ISSN: 2477-8443, p-ISSN: 2477-5959 is an information container has scientific articles in the form of research, the study of literature, ideas, application of the theory, the study of critical analysis, and studies in the field of science ...