JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT
Vol 8 No 1 (2020): Vol.8.No.1.2020

PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN AKTIFITAS DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI 01 SINGKARAK

Magrina Taurusia (Universitas Negeri Padang)
Ramalis Hakim (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
01 Feb 2020

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktifitas belajar siswa, kurang memperhatikan pelajaran, rasa keingintahuan siswa yang masih rendah. Ketika guru mengajukan pertanyaan, banyak siswa tidak dapat menjawab pertanyaan yang diberikan. Hal ini menyebabkan hasil belajar siswa rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan model pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) untuk peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa di kelas III SDN 01 Singkarak. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Hasil belajar siswa dalam pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe TGT di kelas III SDN 01 Singkarak Kecamatan X Koto Singkarak meningkat. Meningkatnya hasil belajar siswa tersebut dapat dilihat dari nilai rata-rata yang dipoleh pada siklus I pertemuan 1 adalah 63,75, pada siklus I pertemuan 2 meningkat menjadi 73,13. Pada siklus II pertemuan 1 meningkat menjadi 76,87, pada siklus II pertemuan 2 meningkat menjadi 86,25.Dari paparan hasil belajar tersebut dapat dikatakan pelaksanaan penelitian ini telah berhasil.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

ED

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Arts Humanities Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Education and Development merupakan publikasi karya ilmiah dari hasil penelitian, pendidikan dan pengembangan ilmu pengetahuan, baik sosial, budaya dan lingkungan. Sebagai upaya untuk mewujudkan visi dan misi di Perguruan Tinggi. Jurnal Education and development mewadahi hasil pemikiran dan ...