Penilaian masyarakat terhadap pendidikan IPS sebagai mata pelajaran yang membosankan dan sulit dimengerti disebabkan oleh budaya mengajar yang didominasi oleh guru sebagai sumber segala informasi. Salah satu model pembelajaran untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah melalui Model Pembelajaran Discovery Learning. Untuk itu, penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dengan penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa baik aspek kognitif, aspek sikap dan aspek keterampilan melalui pelaksanaan tahapan-tahapan model pembelajaran Model Pembelajaran Discovery Learning dalam proses belajar mengajar pendidikan IPS. Temuan hasil penelitian bahwa, model pembelajaran Discovery Learning mampu mendorong guru mengajar dengan budaya bervariasi, sehingga kegiatan pembelajaran lebih didominasi oleh siswa. model pembelajaran Discovery Learning dalam membahas mata pelajaran IPS terpadu mampu meningkatkan hasil belajar siswa baik dari aspek kognitif, aspek sikap dan aspek keterampilan. Melalui model pembelajaran Discovery Learning guru berperan sebagai motivator, fasilitator, dan mediator bagi siswa agar mau melakukan kegiatan belajar secara sungguh-sungguh. Melalui penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning hasil belajar siswa memgalami peningkatan secara keseluruhan terutama kelompok siswa yang berprestasi rendah.
Copyrights © 2020